Road To DJP: Pengumuman Penempatan Instansi

Assalamu'alaikum sobat
Bagaimana kabar kalian awal bulan Oktober ini?
Yang sekolah gimana ujiannya?
Yang kuliah apa kabar lapraknya? tugasnya? 
Yang bekerja masih semangat mencari nafkah?
Harus semangat ya karena bulan ke-10 ini diawali dengan penyambutan Hari Kesaktian Pancasila. Semoga sering menyapa tak lantas membuat kalian bosan padaku, hehe. Maklumlah, jadi pengangguran beberapa saat membuat gabut dan keisengan muncul. Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi cerita mengenai pengumuman penempatan instansi kemarin. Check this out..

Sabtu, 30 September 2017
Hari ini merupakan hari terakhir di bulan September 2017 liburan kelulusanku sebelum pelaksanaan wisuda. Selain itu, hari ini adalah hari dimana sahabat virtualku, Silvia Andriyani P berusia genap 19 tahun (barakallahu fii umrik). Dan satu lagi, Music Bank in Jakarta juga akan ditayangkan hari ini setelah 2 kali mengalami penundaan jadwal tayang (lupakan, ini menyebalkan).
Kembali ke topik, ini berarti aku harus kembali ke Bintaro untuk menuntaskan apa yang perlu dituntaskan, yaitu wisuda dan pemberkasan di kemudian hari. Untuk Prodi D1 mendapat jadwal wisuda tanggal 4 Oktober 2017 dan wajib mengikuti gladi bersih tanggal 2 Oktober esok. Perjalanan kali ini aku memilih menggunakan KAI lagi agar tidak sendiri terus, hehe. Ya, dengan diantarkan ayah, aku tiba di Stasiun Purwosari (Solo) pukul 15:00 WIB. Tiba di stasiun, aku menuju mesin untuk mencetak tiket yang telah dipesankan teman organda (organisasi daerah), Yuga. Dalam tiket tertulis keretaku, Gaya Baru Malam Premium, akan berangkat pukul 16:08 dan tiba di Stasiun Pasar Senen (Jakarta) esok hari pukul 01:55 WIB. Seperti yang kuutarakan tadi, jika menggunakan KAI, aku tidak sendiri, tampak di Stasiun Purwosari beberapa orang yang mengenakan jaket identitas sesuai angkatan dan jurusan masing-masing, hehe noticeable banget. Untuk organdaku, IMAKA (Ikatan Mahasiswa Karanganyar), ada aku, Gayuh, Helda, Yuga, Isnan, dan Yoga yang secara tidak sengaja (perez) berangkat bareng ke Jakarta.
Aku duduk di gerbong 7 kursi 18D, khodarullah, secara tidak sengaja bersama keluarga besar Gayuh yang notabene roomateku selama kost di Bintaro.  Entah kenapa aku kesulitan untuk tidur barang sejenak, tidak seperti biasanya yang sangat mudah tertidur saat perjalanan yang membutuhkan waktu lama. Apesnya, headset yang biasa menemaniku juga tidak dapat digunakan malam itu. Aku pun hanya bisa sibuk dengan smartphoneku saat yang lain tengah terlelap

Tak berselang lama, beredar informasi bahwa pukul 21:00 WIB akan ada pengumuman penempatan instansi. Meskipun beberapa hari yang lalu sudah diberitahu bahwa minggu ini akan ada pengumuman penempatan instansi, jujur aku sedikit merasa surprise karena lupa akan pemberitahuan tersebut, hehe. Grup angkatan dan kelas pun sempat riuh untuk sekedar memanjatkan doa agar kami, D1 Pajak 2016, ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP), sejalur dengan apa yang kami dapatkan di perkuliahan dan KPP tempat kami PKL. Belum genap jam 9 malam, web sudah bisa diakses dan hasil telah dibagi ke grup angkatan dan dilanjutkan ke grup kelas. Menurut petunjuk Royhan, teman kelas, D1 Pajak Bintaro ada di urutan 1000 ke atas dan diurutkan paralel menurut nama sesuai dengan abjad.  Saat file berhasil kudownload, benar saja ada 115 halaman dan segera kucari urutan 1000 lebih dan mencari deretan nama berhuruf F, maklumlah tidak bisa mencari dengan cara cepat. Alhamdulillah aku menemukan namaku di urutan 1559. Fajar Afifah, Prodi D1 Pajak lokasi pendidikan Jakarta, alhamdulillah penempatan DJP, disertai tanggal pemberkasan 18 Oktober 2017 sesi II.
Keesokan harinya aku membuka kembali pengumuman tersebut untuk melihat bagaimana penempatan kakak tingkat dari jurusan lain (re: D3). Setelah aku lihat, di sini yang paling beragam/random tentunya kakak-kakak dari prodi D3 Akuntansi, mereka ada di hampir semua instansi kemenkeu ditambah lagi ada yang di luar kemenkeu seperti BNN, BAPPENAS, BPKP, KEMENHUB, KEMENKO, dan KEMENPAN-RB. Dan yang paling seragam adalah D1 Pajak, aku menyebutnya kami ini auto DJP, karena saat pemilihan instansi pun langsung terisi DJP, tidak bisa memilih instansi lain. Berbeda dengan teman-teman dari D1 KBN yang ternyata tidak auto DJPB, melainkan ada yang DJKN, DJPK, BKF, bahkan beberapa di SETJEN. Cukup random untuk ukuran 2 kelas, masyaAllah.. Dan bisa ditebak, instansi yang paling banyak menyerap 5246 lulusan PKN STAN 2017 adalah DJP dan DJBC, seperti formasi awal kami masuk. Honestly, paling salut dengan kakak-kakak D3 Akuntansi yang menurutku perjuangan mereka memang terlihat lebih, meskipun kami semua memang berjuang di kampus ini. At least, dimanapun kami akan disebar dan ditempatkan memang sebaiknya disyukuri dan diniatkan Lillahi Ta’ala menggapai ridho-Nya dan mengabdi kepada negara.
Sedikit yang bisa aku ceritakan tentang pengumuman penempatan instansi ini, mohon koreksinya apabila terjadi kesalahan data ataupun opini. Jazakumullah khairan.
DJP, BISA!
Wassalamu’alaikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Untuk Calon Ibu Mertua

Catatan Introvert #1

Sampai Jumpa, Yogyakarta.