Minister Talks - Kuliah Umum Menteri Keuangan RI di PKN STAN

Assalamu'alaikum kawan

Pada hari Senin tanggal 17 April 2017 kuliah umum yang bertajuk Minister Talks diselenggarakan di Gedung G PKN STAN kampus Bintaro. Ibu Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia menjadi pembicara dalam kuliah umum yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PKN STAN di Bintaro maupun seluruh Balai Diklat Keuangan yang terhubung melalui video telekonferensi. Dalam kuliah umum kali ini Ibu Sri Mulyani Indrawati menyampaikan materi kuliah dengan tema " APBN yang Sehat dan Kredibel untuk Kesejahteraan Rakyat ".

Kuliah umum ini hukumnya wajib untuk semua mahasiswa PKN STAN dari jurusan apapun dan tingkat berapapun. Sayangnya, dikarenakan Gedung G tidak dapat menampung ribuan mahasiswa yang antusias mengikuti kuliah umum ini, sebagian ditempatkan di Student Center, dan aku termasuk yang berada di Student Center. Jadi, kami hanya menonton lewat LCD Proyektor dan Student Center benar-benar penuh saat itu. Selesai menyampaikan materi diberi tiga kesempatan bertanya yakni dari BDK Yogyakarta, Gedung G, dan Student Center. Dan di bawah ini ada kutipan caption ibu Sri Mulyani di akun instagram priibadinya @smindrawati


Dari sekian banyak kampus yang meminta saya untuk memberikan kuliah umum, hanya satu kampus yang saya minta sendiri untuk memberi kuliah, yaitu kampus STAN.
Ini adalah satu-satunya dimana saya yang meminta untuk hadir di kampus , bukan diundang. Karena saya menganggap bahwa para mahasiswa STAN termasuk para pengajarnya adalah orang-orang yang begitu penting dalam menentukan masa depan Indonesia.

Lulusan STAN 20 tahun yang lalu dengan STAN hari ini tidak sama ilmunya. Perekonomian, APBN terus berkembang dan semakin complicated, tantangannya berbeda dan tidak semua didapat melalui bangku kuliah. Untuk itu ilmu pengetahuan harus terus dicari dari mana saja. Bandingkan dengan negara-negara maju. Cari tahu kenapa tanah air Indonesia yang sedemikian hebat tidak bisa membuat rakyatnya makmur seperti Indonesia yang kita inginkan.

Saya ingin mahasiswa STAN menggambarkan  generasi muda berkarakter yang betul-betul haus akan ilmu pengetahuan, informasi dan pemahaman, jangan pernah hanya menjadi manusia sekedarnya. Isi waktu anda secara bijaksana dan baik agar menjadi manusia yang punya kemampuan tapi juga punya kepedulian yang tujuannya untuk kebaikan umat manusia, bukan hanya untuk diri anda sendiri.

Negara ini dan manusia-manusia Indonesia, berhak untuk mendapatkan posisi, harga diri dan martabat yang sama dengan orang-orang di negara maju. Itu semua dapat terjadi apabila negara ini diurus secara benar.
Seluruh mahasiswa STAN adalah orang-orang yang nantinya akan mengurus republik ini supaya menjadi negara yang maju, Untuk itu diperlukan militansi yang kuat dengan integritas dan profesionalisme yang tinggi.

Negara ini sedang melakukan investasi kepada diri anda sebagai mahasiswa STAN, adalah kewajiban anda untuk mengembalikan investasi tersebut dalam bentuk prestasi, komitmen, loyalitas dan integritas.

Kampus STAN Bintaro, 17 April 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Untuk Calon Ibu Mertua

Catatan Introvert #1

Sampai Jumpa, Yogyakarta.