Tentang Pembuktian di Hari Pajak

Assalamu'alaikum kawan

Aaaaaaaaakhirnya bisa menyapa kembali. Entah kenapa ya pas seminggu ini kaya ngga bisa ngecek blog tuh kangen bener rasanya. Padahal yang udah-udah sih sebulan masih nyempetin buka aja udah kudu dipaksa banget. Ciye mulai jatuh hati. 
Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah. Lega banget rasanya rangkaian bom satu persatu telah meledak pada waktunya. Hah? Jar, sehat? Alhamdulillah meskipun Cianjur cuacanya seenaknya sendiri apalagi hampir tiap hari pulang malam buat nungguin tebengan sekalian nglembur, daku masih diberi kesehatan. Perlu disyukuri banget ngga sih? Ya meskipun tiap paginya demam dan hampir tumbang.

Jadi ceritanya, minggu ini adalah jatuh temponya pekerjaan sampingan aku. Mungkin yang sedang berkecimpung di DJP taulah geo tagging , kegiatan pisah sambut sehubungan dengan mutasi kasi saat arus mudik kemarin, dan yang lagi ngehits, e-book ZI. Ngomongin tentang geotag, hikmah yang aku dapet selama mainan peta ini, aku sedikit bisa ngeh tentang demografi di Cianjur, dikit banget tapi, terus sempet dapet makan siang dan malam (jiwa anak kos mah tetep), daaaan sempet dapet jersey bola gitu hadiah dari eksten, mayan kan pas disuruh pake jersey jadi ngga perlu beli, apalagi kembaran sama bapak itu (astaghfirullah inget status jar). Kalo ditanya itu tim mana? Sungguh aku tak tau karena aku bisa dibilang sama sekali tak tahu menahu tentang Piala Dunia, pokoknya tuh jersey warnanya merah menyala (jadi tambah ngga suka kan) terus nama aku tertulis PAJAR dong di bungkusannya, so sad.

Terus ZI apaan dah? Kepanjangannya sih Zona Integritas say, kalo maksudnya yang aku tangkep sih semacam penegasan kalo "ini loh kita, pajak udah reformasi, integritasnya jadi sebuah kehormatan", gitulah insyaAllah. Sebenarnya agak absurd juga sih peranku di tim ZI, iya absurd, ngga jelas gitu di sub tim mana hehee... Kan Fajar orangnya fleksibel. Awalnya namaku ngga ada di tim itu, antara seneng atau sedih. Senengnya yaa aku ngga perlu repot-repot ikutan rapat-rapat club macam jaman kuliah. Sedihnya, itu semua anak baru ikut kecuali aku dan seorang temen say, berasa ngga dianggep atau dilupakan ngga sih? Apa salah hamba? Tapi disitu aku mencoba ngeyakinin diri kalo "ngga usah sedih jar, bukannya lu capek? Allah lagi ngasih kesempatan ke lu biar istirahat". Its okay. i'm fine. Terus pas rapat itu ternyata pihak yang terlupakan ini ditarik untuk ikut serta juga. Dan jadilah aku di tim Manajemen Perubahan. H-9 deadline aku udah mulai sharing tuh sama partner sekre aku, Kak Latvia, ini partner ngapa-ngapain sih, jadi se-tim sama dia pun karena bapak kasi sebelah sering ngeliat Kak Latvia maen ke Waskon nyamperin aku, jadi disatuin aja sekalian, dan sejak saat itu anak pemeriksaan ini jarang banget ngapelin aku hehehe... Tapi gengs, baru ngebahas kulitnya aja aku udah dipindah sub tim ke Penguatan Akuntabilitas, H-7 banget itu, dengan sukarela aku berpindah jadi asistennya Kak Sintya. Uniknya pas H-5 rapat bareng para kasi, aku masih ditanya tentang Manajemen Perubahan dong, kyaaaaa anggota terselubung emang. Waktu terus berjalan hingga akhirnya pas H-1 dan hari H, aku malah lebih fleksibel lagi, dapat amanah buat ngebantuin Kak Rizdar sebagai sekretaris utama buat ngerapihin tulisan typo dan semacamnya itu, apakah aku terlihat seperti editor? Jadi ketika ditanya tentang ZI aku cenderung gamang posisiku dimana but aku senang bisa berkontribusi meskipun jarang dihargai.




Terus jar kenapa lu mau-mau aja ngebantu ini itu kalo tetep dipandang sebelah mata, kan yang penting kerjaan lu udah kelar? Banyak sih alasannya. Pertama, pesan seorang teman, kalo udah diamanahi dan mengiyakan ya dijalankan dengan baik. Kedua, aku merasa ZI ini tanggungan kami bersembilan, jadi meskipun di sub timku udah tinggal dikit ya mana bisa aku diem ngeliat sub tim temen yang masih terseok-seok? Nanti yang kena tetep kami lagi, BIG NO. Ketiga, empati juga sama temen, masih inget kan kalo kita makhluk sosial? Jadi kalo dimintai tolong ya kasih aja apa yang kamu bisa, tenaga kamu, pikiran kamu, waktu kamu, karena suatu saat kalo kamu bakal butuh pertolongan juga siapa yang nolong. Pasti Allah lewat perantara makhluk di sekitar kita, habluminannas itu penting biar seimbang. Keempat, jangan lupa sih niatkan kerja kita ini untuk ibadah, harus lillah, biar ngga cuma dapet lelah, ya ngga Kak Erik? Hehe... Ada obatnya nih kalo suka mikir "yang kulakukan hanya sia-sia". Siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarah sekalipun, niscaya ia akan mendapat balasannya. (Q.S Al-Zalzalah : 7)

Ditengah hingar bingar ZI ZI club, turunlah rejeki nota dinas tentang penyelenggaraan upacara Hari Pajak yang bisa ditebak pasti petugasnya ya kami lagi. Hari Pajak? Ada gitu? Ada dong, lah itu buktinya hehe.. Iya gengs jadi mulai tahun ini (ciyee pionir) setiap tanggal 14 Juli diperingati sebagai Hari Pajak. Siang itu setelah rapat pisah sambut, Kak Eri membujuk kami untuk kumpul bareng sore nanti, tapi apa daya, seseorang dengan kuasa lebih tinggi darinya mengamanatkan kami untuk berlatih upacara. Oke prioritas, mana yang lebih dulu aja deh event-nya. Sempat kena sindir sama pegawai yang everyday selalu ngisengin "nanti kalo kamu dapet jatah petugas upacara, jangan kesiangan lagi ya" jleb. Jadi ceritanya dulu saat aku baru 3 mingguan di kantor baru diminta jadi petugas pembaca doa saat apel tanggal 17 gengs sekalian perpisahan kakak OJT dari D3 umum, tapi parahnya aku kesiangan dan tiba di kantor saat apel udah selesai. Terus yang ngebaca doa saha? hehe Pak Hima maafkan aku. Dan itu yang jadi pembina apelnya malah kasi aku sendiri. Agak bandel emang anak ini, punten pak.

Nah saat itulah kekhawatiran tentang kesehatanku muncul pula, elah ada aja sih. Memang sih aku sudah lama mengidap hiperhidrosis, tapi ngga terlalu parah bahkan udah berasa normal, aku sempet cerita ke orang sekitarku malah ditakutin "itu bisa karena jantung atau paru-paru kalo ngga bisa karena keturunan" nah loh keluargaku padahal ngga ada yang aneh-aneh. Eh hiperhidrosis apaan emang? Mungkin kalian pernah mengalami juga, hiperhidrosis itu semacam keringat yang keluarnya secara berlebih di satu titik tubuh, bisa di ketiak, telapak tangan, atau telapak kaki. Nah kasusku di telapak tangan, orang kadang nyebutnya paru-paru basah, horor kan? Sadarnya kalo kena hiperhidrosis? Minggu itu ngga biasanya tanganku berkeringat banget padahal cuma megang mouse beberapa menit, sempet mikir "ah paling cuma kaya dulu, ngga parah". Tapi gengs puncaknya pas latihan upacara ini, aku yang kebetulan ditunjuk sebagai Pembawa Bendera Acara udah ngga tega ngeliat itu megaphone basah karena kupegang. Di hari Jum'at itu sejak pagi hingga siang aku sibuk merapikan ebook lalu disambung sorenya latihan upacara disambung lagi malamnya latihan untuk persembahan acara pisah sambut. Saat itu aku cuma berkali-kali nepuk bahu kanan "Allah kuatkan pundakku". Makan? Jangan tanya udah ngga ada nafsu ditambah jarang banget nelfon orang rumah jadi kumat homesick nya (padahal belum ada sebulan, remeh banget).


(in frame : Fajar, Kak Sintya, Kak Latvia, Kak Michael, Kak Taufan, Pak Tri, Kak Rizdar, Rama, Okta, Kak Fachri, Lulu, Kak Eri, Teh Aci)

Selesai latihan, aku membujuk Kak Rizdar buat nganterin nyari kerudung. Udah panik sih, malem-malem ngga mungkin kelayapan sendiri karena kemarin-kemarin juga ngga sempet beli. Ciye mentang-mentang jadi MC beli kerudung baru. Bukan gitu gaes, aku tak punya kerudung nuansa merah karena dari dulu emang ngga suka sama warna ini, tapi mau ngga mau harus punya, dan alhamdulillah masih dapet dengan pilihan warna yang paling kalem, ngga boleh dan ngga mau mencolok. Tapi ternyata ada yang ngomentarin karena nangkep kalo itu warna pink? Ketahuilah kalo pink itu kalau di bahasa Indonesia namanya merah muda jadi masih dapet nuansa merahnya, ribet amat pemikirannya, di mataku itu lebih jatuh ke agak ungu juga bukan pink. Makasih banget Kak Rizdar, nanti kalo Fajar udah ada pendamping bakal ngurangi nebeng koq hehe... Tolong jangan ditiru ini asli ngga boleh barengan kalo bukan mahramnya.

Malam itu aku susah tidur nyenyak, sering kebangun tiba-tiba, sering mimpiin orang rumah pula. Asa pengen cerita tapi belum ada yang mau jadi telinga terus auto pulang aja ngeluh sama bapak hihihi... Pokoknya kalian yang masih diberi kesempatan mudah bertemu dengan keluarga wajib banget bersyukur deh hehe...
Yaudah jar kabari aja. Aku selalu pulang malam jadi ngga enak kalau mau nelfon orang rumah, ditambah lagi kalo nelfon pasti ditanya kabar, Fajar ngga siap karena kalo Fajar lagi ngga sehat apalagi kena hiperhidrosis akibat stres nanti pasti bikin bapak sedih huhuhu... Nah kalo udah kaya gini, baca Al-Qur'annya perlu dikencengin. Hanya dengan mengingatKu, hati akan menjadi tenang. (Q.S. Ar-Ra'd : 28)

Dan hari itu pun tiba. Alhamdulillah bisa datang di awal waktu dan terlihat baik-baik saja meskipun ini raga dan pikiran udah entah kemana. Jujur ini pertama kali sih jadi Pembawa Acara beneran, kelihatannya emang sepele, tapi kalo ngga fokus dikit ke jalannya upacara bisa kena nyinyiran sama puluhan peserta. Pengalaman waktu SD, pernah sekali nyoba dan guru kurang apresiasi, sejak saat itu kaya lost respect karena fisik aku ngga sekeren yang lain, suara aku berisik dan kadang pelan, penjedaan aku juga buruk karena kurang pengalaman. Tapi sempet juga kapan hari terlintas pikiran "kapan ya aku bisa nge-MC sekeren Adit?" Adit itu adek kelas aku yang sekarang jadi MC kondang di PKN STAN dari prodi D1 Bea Cukai hehehe.. Oke kembali ke upacara kantor, eh yang jadi pembina bapak kasi aku lageeee... Upacara juga alhamdulillah berjalan lancar dan khidmat, paling seru saat menyanyikan lagu Mars Direktorat Jenderal Pajak sambil ngibarin bendera kecil bertemakan "Hari Pajak" karena aku udah kangen banget sama lagu yang sering dinyanyiin tiap pagi saat masih PKL di KPP Pondok Gede. Dan selesai upacara itu pundak rasanya lebih ringan, ya meskipun telapak tanganku belum sembuh benar, karena masih ada satu hajatan kali ya? Hehehe... Mau tahu keseruannya? Intip di akun instagram @kpppratamacianjur kuy!!!
Sebagai penutup, terselip sedikit harapan agar diri ini bisa bertahan serta turut berkontribusi (entah apa bentuknya dan seberapa besar takarannya) dalam instusi yang aku singgahi kini. Selamat Hari Pajak.

Wassalamu'alaikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Untuk Calon Ibu Mertua

Catatan Introvert #1

Sampai Jumpa, Yogyakarta.