Nyuruh Nikah Mulu!

Assalamu'alaikum.

Ahaha ketawa dulu boleh?
Ketawa sama judul yang terdengar sengak banget di telinga hamba ini wkwk
Mungkin tulisan kali ini sebenarnya berisi kebingungan gue, bingung kenapa pak bapak dan bu ibu ini doyan banget bikin anak kecil kaya hamba risih dengan request segera nikah.

Yaps, orang-orang yang sering bicara seperti itu justru orang yang baru kenal gue, orang-orang kantor yang seharinya gue temui bisa sampe 11jam dikali lima hari dalam seminggu.

Yaudah sih ndak usah baper. 
Ah canda doang kali. 
Ya biar ada obrolan, namanya juga orang kantor. 
Ya kan mereka lebih senior daripada lu. 
Ya bagi pengalaman itu malahan. 
Ya... Ya... Ya... Yassalammm.... 

Kalem, gaes. Baper tidak semudah itu!

Pernah dalam sehari, gue tiga kali ditanya orang dewasa tentang masalah masa depan.
Temen aku dua tahun habis kuliah udah ada yang nikah, dulu juga habis wisuda ada yang langsung nikah, koq kamu belum? Kapan? 
Tanya seorang ibu yang jarang mengobrol denganku diiringi dengan tatapan serius, FYI ibu ini aslinya ceria dan humoris. Mendapat reaksi seperti itu, kikuk saya.

Kamu udah ada calonnya belum sih? Ada yang lagi na'arufin (on going ta'aruf mereun) ngga? 
Tanya seorang bapak yang emang biasa bercanda ke semua orang.

Kalo ditrawang sepertinya kamu belum ada calon ya. Atau lagi nyari perhatian gebetan ya. 
Tanya seorang bapak di kota lain sana, mencoba menerawang orang yang belum lama ia temui.

Itu pegawai baru ada yang belum nikah satu, liat aja siapa yang dapet. Eh ni anak ketawa aja, jangan-jangan malah dia yang dapet. 
Ucap ibu-ibu lainnya membuat berita panas, padahal saya cuma miris lho bu kenapa demen sekali intervensi hidup orang hmmm...

Makanya kamu segera cari temen, bukan cuma temen yang bisa bantu ngurus pekerjaan rumah, tapi juga temen bertukar pikiran, temen segalanya. 
Nasehat seorang bapak kepada si pegawai baru yang menjadi sorotan, saat mampir di kubikal tempatku mainan staples. Dan aku pun hanya menunduk, malu aja bahas gituan.

Ngapain ijin ngga masuk? Mau tunangan ya? Ciye ada yang lamarr...
Goda bapak sekre yang berpembawaan killer.

Nanti kalo nikah bikin acaranya di sekitar Jawa Barat aja ya, biar saya bisa dateng ngga harus jauh-jauh ke Solo. 
Pesan bapak admirer saat ia berpamitan mutasi.

Kan bisa bikin video prewed buat sendiri
Sela mentorku saat membahas editing video.

Mbak, kamu itu udah lulus kuliah, udah kerja, diangkat PNS, mbokya ndang nikah, mau nunggu apa lagi?
Sindir adik tingkatku, mbok sekalian dicariin orang Bea Cukai :"

Nak, sini, nak. Nikah itu jangan ditunda, istri saya dulu nikah umur 19tahun, ngurus anak masih muda, jadi nanti masa tuanya enak, engga repot masih ngurus anak. Coba kalo nikahnya agak berumur, umur makin bertambah tapi anaknya masih jadi tanggungan (ekonomi) kita, ya kalo masih kuat, kalo engga? Jadi jangan jadiin alasan belum mau nikah masih kecil, kamu mah segitu aja juga ngga besar-besar. Masak kamu belum ada calon, pacar ada kan?
Seorang bapak senior memintaku duduk disampingnya dan mendengar nasehatnya. Haduh, pak.

Lah, kalo dikumpulin udah banyak juga ya orang dewasa yang ngomelin gue. Ihihi..

Di satu sisi, mungkin gue masih perlu bersyukur karena lingkungan keluarga gue dan orang-orang di rumah ngga terlalu (atau malah ngga kepikiran) buat nanyain begituan ke gue. Entah bersyukur jadi ngga tambah risih, atau malah miris ngga dipeduliin? Wkwkw fifty fifty sepertinya.
Karena ada temen gue yang dikit-dikit cerita kalo tiap pulang ke rumah dikode sama orang tuanya buat nikah, nah padahal sering banget tuh dia pulang (ngakunya anak rantau).

Gue sih selow...
Biasanya kalo gue bilang selow ntar ada yang nyanyi karnaku selow, sungguh selow, sangat selow. Santai, santai, jodoh ngga akan kemanaa... Hiyaaah.

Yang bikin gue bingung adalah apa alasan mereka melakukan hal-hal itu ke gue. I mean, gue masih baru di lingkungan itu. Pun gue juga masuk deretan anak kecil, anak desatu yang baru lulus tahun kemarin dan berkelakuan childish pula di kantor. Itu berarti, banyak kakak-kakak lebih senior dariku yang bisa dijadikan objek nyuruh nikah. Ampundah bahasa gue.


Baiklah kalem-mode actived ✔️

Mbak, mas, dek, pak, buk, om, saya cuma bisa tersenyum. Bukan saya tak ingin menyegerakan, tapi jodohnya belum datang. Dan jodoh akan datang di waktu yang tepat, meskipun tidak harus cepat.

Buat kalian yang berada dalam fase sama sepertiku, mungkin ngga ada salahnya baca-baca tulisanku. Tentang pemikiran orang lain mengenai pernikahan, biar ngga cuma sekedar pengen, tapi berusaha buat paham karena bagiku sesuatu itu akan terasa mudah dan berkah jika kita paham ilmunya.

Suatu pagi gue lagi duduk manis ngerjain berkas yang setia banget menuhin meja gue. Tapi tetep aja, pikiran gue tentang doi belum sepenuhnya sirna, gue belum sepenuhnya move on, oke gue akui gue salah. Sampai pada akhirnya gue mikir kalo gue butuh pendapat dari sudut pandang yang berbeda, dan kalo bisa banyak sudut pandang. Sejauh ini gue baru dapet dari Dhafin, Mas Adib, dan Kak Erik, ketiga-tiganya belum menikah dan fresh graduate. 

Sampai pada akhirnya rekan kerja di seksi gue membuka obrolan, tentu saja sambil kerja pula, kan multi talenan.
"Kamu udah siap nikah kan? Udah ada calonnya belum? Atau mau saya cariin? Saya ada kenalan orang pesantren," jleb tembaknya bertubi-tubi. Gue pun tambah ngga konsen, teringat hati yang nun jauh di sana.

"Duh, pak. Punten, bukannya saya ngga mau, pun bukan saya sok mampu. Boleh opening dulu ngga, Pak?" gue malah nawar. Ya, beberapa hari terakhir gue emang udah capek banget dan pengen ngga mikirin ini dengan cara konsultasi ke salah satu senior gue ini. Orangnya humoris, nikah tanpa pacaran, pun dari cerita keluarganya cukup harmonis, adem ayem lah, istrinya manis dan anaknya lucu, gue pernah ketemu. MasyaAllah. Trenyuh gue kalo liat keluarga sederhana tapi bahagia gini, semoga sehidup sesurga, aamiin. Inget, terharu! Bukan baper!

"Saya memang ngga menolak pak jika diajak menikah, jika memang sudah saatnya dan Allah mempercayai bahwa saya mampu, itupun kalau bapak saya merestui. Tapi, saya sadar, kesiapan saya masih jauhh banget pak, duh saya ini bisa apa to, pak. Setidaknya, cari yang sekufu kan, pak? Saya ini manusia dengan segala kekurangan lho, pak. Saya hanya ingin dengan seseorang yang baik agama dan akhlaknya serta tidak terlalu menuntut saya karena diliputi banyak kekurangan. Saya tau pak, untuk berumah tangga nanti ya pasti semua bakal belajar sama-sama, ngga ada yang selalu benar, atau yang selalu salah. Tapi, yang mau sabar diajak  belajar bersama ini siapa to, pak? Nah, itu yang saya cari, apalagi saya maunya bahagia sampai ke surga-Nya, pak, ndak cuma manis di dunia aja," gue ngejelasin dengan logat sedikit jawaan.

Ngga tau kenapa gue lega, respon senior gue ini cuma senyum dan mengangguk, menyetujui setiap ucapan yang gue sampaikan perlahan.
"Bagus itu bagus. Terus, udah ada calonnya belum?" sambungnya lagi.

Gue mikir, apa ini saatnya gue cerita?
"Kalo calon sihh hmm gimana ya, belum sih pak. Tapi ada satu orang yg sempat saya jadikan kandidat dan sampai sekarang belum menemui titik terangnya," gue ngejawab gamang.

"Eh itu kejauhan, gini aja, pendapat orang tua kamu gimana?" yaampun makin kesini makin serius aja obrolannya. Gue narik nafas perlahan.

"Orang tua saya masih menganggap saya anak kecil pak, padahal ibu menikah 19th dan ayah 25th, sedangkan usia saya sekarang tahun ini 22th - di antara usia keduanya. Muda engga, tua juga engga. Ayah saya orangnya tertutup, yang saya tahu beliiau kurang suka melihat fenomena pacaran. Jadi, pernikahan sedikit tabu baginya. Mungkin karna orang tua terlalu sayang, saya anak pertama dan seorang perempuan, ayah saya ingin saya melihat saya bahagia dengan menikmati apa yang saya raih. Tapi saya tekankan (elah kaya ngedukasi WP ehehe), bahagia itu bukan soal materi, tapi juga masa depan salah satunya keluarga. Saya juga ngga pengen ayah saya nyuruh nikah saat ini juga sih pak, tapi setidaknya saya ingin beliau paham bahwa anaknya beranjak dewasa dan memerlukan ilmu berumah tangga darinya," gue nahan diri supaya ngga keceplosan cerita latar belakang keluarga gue.

"Iya tuh, bener banget. Yang pertama harus kamu lakuin adalah ngeyakinin keluarga kalo kamu udah siap. Terus si cowoknya kenapa? Saya gapaham," yaelah bapak, jangan hanya karena bapak kepo setitik, rusak move on sebelanga hmmm. Gue minum dulu, kerjaan gue anggurin karena obrolan kelewat serius ini.

"Dia adalah seseorang yang terlambat mencuri perhatian saya, - - - "

Cuuuutttttttt
Gue potong dulu ya gengs, ngga enak kali tengoknya kalo kepanjangan.
Lain kali kita sambung.

Wassalamu'alaikum

Komentar

  1. Memang saran untuk segera menikah memang wajar ketika sudah menginjak usianya, didukung sama hidupnya. Tapi memang agak risih juga ya kalo terlalu sering mendengarkan hal seperti itu. Toh, nanti juga ada waktunya. Hmm saya juga demikian, bedanya lebih dari sisi keluarga yang meramaikan telinga juga do'a hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh. Pun saya menganggap hal tersebut sebagas wujud doa juga sih dari orang sekitar, ngga terlalu diseriusin karna moment nya memang bercanda. Cuma kalo dikumpulin jadi banyak juga yak ehehe. Terima kasih sudah mampir

      Hapus
  2. Yaelah mbak, masih 22, santaiiiiii...


    Nih gw, 29 tahun, nanti Desember 30 tahun, belom nikah juga. Pertanyaan kaya gitu mah udah keseharian. Biasanya gw jawab pake senyum. Kalo masih ngedumel gw jawab dengan santun: 'doakan saja biar jodoh saya segera didekatkan'. Masih nekan suruh nikah juga? Gw ceramahin sekalian:'Pak/bu jauh sebelum bumi dan langit itu diciptakan, Allah sudah menulis nasip semua mahkluknya. Hidup, mati, jodoh, kelahiran, kematian, semua sudah ada tulisannya masing-masing. Kita sebagai makhluknya tinggal menjalani aja. Kalau sampai usia saya sekarang belum menikah, berarti memang garis nasip saya seperti itu. Makanya doakan saja biar jodoh saya segera didekatkan. Kalo Bapak/ibu dulu menikah muda, emang udah garis hidupnya seperti itu. Saya ini manusia normal, saya juga ingin menikah, punya keluarga, punya keturunan. Tapi kalo yang di Atas belum mempertemukan jodoh saya, saya mau apa?'

    Ngomongnya yang santun. Abis itu lawan bicara langsung kicep dan gak berani nanya-nanya lagi, wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh mantap mas.. Mungkin prioritasnya juga beda-beda mas. Cowok usia segitu ngga terlalu gimana-gimana pendapatnya, tapi kalo cewek, telat dikit aja udah kaya sirine dimana-mana ehehe.

      Semoga lekas dipertemukan jodohnya ya mas. Jangan lupa undangannya ditunggu ke alamat saya :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Untuk Calon Ibu Mertua

Catatan Introvert #1

Sampai Jumpa, Yogyakarta.