Saya Cuma Kangen

Assalamu'alaikum.

Apa cuma aku doang yang merasa 2020 ini baru bulan Maret aja tau-tau udah mau berakhir ... Sedih? Pasti. Kaya tiap hari ngejalanin hari dengan gitu-gitu aja, serba terbatas, serba minimalis, serba dibayangi rasa takut kalo terlalu ramai di keramaian (ya kecuali aku memang introvert wkwkw). Astaghfirullah semoga kalian tetap produktif buat sekitar ya. Okey cukup, nanti ada bagiannya sendiri.

Hmmm kalian pernah ngga sih ngerasa jatuh cinta pada pendengaran pertama? Ahahaha iya kalian ngga salah baca kok. Itu yang aku rasain pertama kali waktu dengerin Podcast Kita dan Waktu berjudul Saya Cuma Kangen karya kak @helobagas. Aku dengerin ini pertama kali ngga sengaja waktu dapet jatah WFH, biar berasa ada temen. Malemnya, pas udah selesai kerja, aku coba dengerin lagi baik-baik dan ... aku makin suka karna isinya 80% relate bagiku ehehehe. 

Isi podcast ini mengingatkankanku pada seseorang yang hari ini tepat berusia 22 tahun. Dimana ketika aku mencoba lupa, malah semakin teringat. Kawanku pun hampir tiiap tahun mengirim pesan saat aku bekerja, sebuah notifikasi pegawai yang berulang tahun hari itu.


Dan ... mungkin ini hadiahku untuknya. Sebuah ungkapan sederhana yang tak pernah ia harapkan, atau mungkin risih saat membaca ini.



 https://www.youtube.com/watch?v=SRStGeML1Ds

Lembaran demi lembaran.

Menuntun saya untuk terus membaca kata demi kata.

Petunjuk demi petunjuk.

Dan ... saya berhenti di barisan foto lama seseorang, yang jika mendengar namanya disebut

Saya langsung keringat dingin dan merinding bukan main.

 

 (haha bagian ini beda banget, jadi aku cut, karena mungkin semua orang udah tahu kalo aku menyukainya meskipun rasa itu tak lagi sama)

 

Kalian sadar ngga sih? Kalian ngerasa ngga sih?

Dia yang datang tiba tiba ... tanpa diminta ...

Kadang tu dia juga orang yang bisa aja pergi tiba tiba.

Dan orang yang bisa kasih bekas selamanya.

Justru malah jadi seseorang yang bisa ngerubah hidup kita. Saya sih ngerasanya gitu ...

 

Jujur saya ngga tau harus ngebukanya --- gimana.

Tapi saya takut, saya takut karena terlaru larut dalam rasa kecewa yang seharusnya sudah saya tinggalkan dari lama ... sedari dulu.

Rasa kecewa yang sebenernya saya ciptakan sendiri ... kalau dipikir-pikir lagi ya ...

 

Dia orang yang baik. Dan sampai kapanpun dia akan tetap baik.

Kalau saya marah, saya kecewa, saya sedih, itu bukan salah dia. Itu murni salah saya sendiri membiarkan hati ini hancur karena ekspektasi.

Kalau liat dia, saya selalu ngerasa setengah beban saya hilang tiba-tiba.

Saya ngga tau kenapa itu bisa terjadi ... entah energy positif dia yang luar biasa, entah dia yang bisa berbagi cerita sama saya sampai setengah beban saya jadi ditanggung sama di atau ternyata dunia tu baik tiba-tiba karena dia udah kerja sama sama semesta.

Saya ngga tau! Yang jelas saya cuma ngerasa dia adalah orang yang bisa saya pengang kepercayaannya setelah Tuhan.

 Loh, kak? Kenapa ngga setelah Tuhan bukan keluarga, ayah dan ibu misalnya?

Kalian sadar ngga sih? Semakin kalian beranjak dewasa kadang tuh untuk curhat yang berat-berat tuh kaya ngga tega aja ke orang tua, kaya ngga relate aja sama apa yang mereka jalani saat ini.

Jadi saya cuman bagi cerita ke Tuhan dan  ke dia aja.

Saya selalu cerita ke orang tua mungkin sesuatu hal yang ngga ngebuat beliau kepikiran,

Mungkin kita samaan.

 

Saya cuma heran liat bagaimana cara semesta mendewasakan kita berdua.

Kadang saya nanya ... apa ngga ada acara lain, ya? Apa harus dengan perpisahaan, ya? 

Tapi percuma juga.

Semesta pun cuma diam saja. Semesta pun ngga menjawab apa-apa. 

Seakan memberikan isyarat bahwa saya yang harus menemukan jawaban itu sendiri.

Alih-alih mencari saya malah terjerembab dalam melankolia rasa rindu itu sendiri.


Hey, buat kamu?!

Dua tahun yang lalu itu -- masih sama kaya dua hari kemarin.

Masih membekas sempurna.

Masih utuh dan masih terawat.

Hey, saya cuma kangen?!

Kangen kalo dulu saya pernah jadi orang yang paling ada buat kamu ... begitupun sebaliknya.

Kangen dua tahun itu jadi sesuatu yang berharga buat aku.

Ngga kerasa ya, semua tentang kita yang selalu kita anggep hari ini, yang kalau setiap detiknya kita nikmatin dan manfaatin baik-baik.

Udah berganti jadi hari kemarin.

Udah berganti jadi masa lalu.

Saya ngga bisa apa-apa kalau cuma kangen.

Kangen ngobrolin sesuatu yang random sampai ke hal-hal berat.

Kangen saya bagiin rahasia yang cuma kamu pendengarnya.

 

Saya cuma pengen ketemu kamu.

Sekangen itu ...

Iya saya harus berani menerima bahwa bukan saya lagi orang yang dengerin cerita kamu.

Saya harus menerima bahwa posisi saya sudah tergantikan mungkin sama yang lain.

Saya akan terima itu kok.

Cuma satu hal. Saya cuma pengen ketemu kamu. Saya kangen banget.


Saya ngga tau kamu ngerasain hal yg sama atau engga.

Sepertinya sih mustahil.

Mungkin dalam proses pendewasaan yang kita harus berusaha sama-sama melupakan.

Kamu adalah orang pertama yang berhasil lupa

Yang berhasil untuk bangkit.

Saya ngerti kok kamu orangnya visioner dan sangat  menghargai mimpi-mimpi kamu.

Saya ngerti kok gakpapa kalaupun nama saya sudah dihapus dalam mimpi kamu, gakpapa.

Saya mengerti kok kalo saya ngga bisa mengulang halaman sebelumnya, di halaman baru, di buku yang baru.

Tapi saya masih bertanya aja sama semesta.

Apakah saya akan dipertemukan sama orang yg setipe sama kamu, sama orang yg mungkin bisa menghargai perasaan saya kaya dulu.

Saya ngga nyangka kalau saya bakal dapat luka sama orang yang saya jaga hatinya.

Saya ngga nyangka kalau perbuatan baik kamu itu sudah terlalu kelewatan sampai melebihi batas teman itu sendiri.

 

Sampai di sini saya kembali nanya sama semesta.

Semesta, saya salah apa ya ...

Saya sudah melampaui batas apa ...

Sampai saya harus menanggung beban seperti ini.

Seperti di awal,

Semesta hanya diam dan bergeming.

Seakan saya harus mencari jawaban itu sendiri.

Dan saya sudah menemukannya.

 

Dua tahun itu bukan cuma cerita indah.

Hey, dua tahun itu kita sama-sama belajar!

Untuk bisa saling menerima, saling mencintai meskipun cinta yang saya punya jauh lebih besar dibanding punya kamu tapi gapapa

Hey, dua tahun itu bukan cuma waktu, dua tahun itu proses pendewasaan.

Terima kasih, ya ...

Terima kasih sudah hadir ...

Terima kasih sudah kasih warna dalam hidup saya ...

Satu hal yang saya cuma pengen kamu tahu.

Saya cuma kangen.

  

Hmmm aku kira kita cuma berjarak secara hitungan kilometer. Kini aku menyadari, aku kalah jarak, kalah waktu, dan kalah perasaan. Pantas saja ... kamu selalu menolak untuk bertemu. Meskipun aku yang berusaha datang ke daerahmu. Meskipun aku harus menunggu. Tapi yang kutemui, hanya rasa kecewa. Harusnya aku sadar, kamu jauh lebih bahagia sekarang. Dan mungkin waktu akan membantu menyembuhkanku.

Semoga harimu tetap berseri, Al.


Wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Untuk Calon Ibu Mertua

Catatan Introvert #1

Sampai Jumpa, Yogyakarta.