Catatan Si Tengil

Assalamu'alaikum

Lagi pengen pake mode "gue".
Kalo tokoh utama dalam cerita ini ngebaca, jangan ketawa, toh gue udah ijin sama dia.
Me : Junnn...
Ajun : Kangen?
Me : Hah? (gila sih ni anak) Aku mau nulis tentang kamu ya
Ajun : Monggo. Tapi yang bagus-bagus ya. Jangan terlihat aku makhluk paling hina :)
(kamu ngga hina, Jun, cuma tengil)

Perkenalan
Sebut saja Ajun, usianya 519th, ngga deng, sudah 19 tahun?! Aku telah mengenalnya sekitar tiga bulan, itupun secara tidak sengaja. Ceritanya, aku baru mendarat lagi di tempat kerja setelah menyempatkan waktu menengok orangtua. Lalu berkenalan dengan Luffy (anak baru di kantor), dari Luffy aku dikenalkan Ajun, "Si Ajun malah asli Solo, Mbak," kata Luffy waktu gue piket bareng dia. (Gue, Ajun, dan Luffy itu trio Solo).
"Ajun?" mana gue kenal mana yang namanya Ajun.
"Itu mbak, yang namanya Ajun," Luffy menunjuk rekannya.
Mata ini kemudian menangkap sosok berkacamata yang sedang serius bekerja, lalu daku mengamatinya sekilas. Pake kacamata sih, tapi kaya cuek banget gitu, dan sok serius, batin gue.
Lanjut, ketika gue ngumpul sama temen gue dan temen Ajun (sebut saja lagi julid), gue cuma mengamati sekilas pengalaman mereka berinteraksi sama Ajun, yang rata-rata kurang ramah. Dari situ gue menarik kesimpulan, Ajun di mata orang lain iseng, gajelas, cuek, dan yang sejenis dengan itu. Ajun di mata gue? Flat. Gue belum bisa menilainya karena gue belum ngeliat kelakuan Ajun secara langsung. Dan karena gue masih dikarunia penglihatan, kenapa gue harus menilai orang lain dari apa yang gue denger? *halah.

Mahalnya Senyuman Ajun
First impression ketemu Ajun, ni anak ngga ada ramah-ramahnya. Dari situ gue iseng ngomong, ekspresimu kaya orang banyak pikiran, senyum aja jarang, senyummu mahal. Sadis banget gue kayaknya :')
Aku ngga suka ngebahas senyumku, katanya. Lalu berlanjut, mbak gimana cara biar murah senyum.
Gubraakk!!!  Gue jadi ngga enak. Entah dia serius apa bercanda. Tapi setelahnya dia ngebahas hubungan antara kredibilitas dengan murah senyum. Ah susah ngomong sama orang jenius!
Seperti yang gue tulis di bio WA gue sejak 2017 lalu, i'd like to put a smile on your face everyday, gue pengen bikin orang lain tersenyum, karna senyum itu ibadah. Dan gue, pengen bikin Ajun tersenyum?!

Pertama kali ngeliat Ajun ketawa ketika dia ngetawain suara pantofel gue yang kata orang terdengar berisik. Kesel? Iya! Gue selalu gitu dari kecil gaya jalannya, lalu tiba-tiba orang baru mengusik langkah gue *halah. Dia bener-bener ketawa lepas saat itu, dan gue kasian ngeliatnya ehehe. Dari situ dapet kabar dari si Teteh (orang yang duduknya sebelah Ajun), kalo Ajun sekarang suka tiba-tiba ketawa kalo papasan sama orang.
Wah wah. Ini bukan salah gue kan? Gue cuma pengen ni anak senyum dikit biar enak dipandang senior juga, tapi kalo jadinya ketawa sendiri? Wah gue harap bukan gue penyebabnya, positif thinking.

Sejauh ini Ajun udah mulai senyum, meskipun ngga jarang juga liat dia cemberut lagi kalo berkas udah numpuk di mejanya, tapi ngga dikerjain juga! Dasar?!
Secara ngga sadar, polah Ajun kadang juga bikin gue senyum dan ketawa sendiri. Yoi, doi punya selera humor yang cukup baik. Tapi, dibanding tersenyum, Ajun lebih sering bikin gue kesel.
Intinya, tersenyumlah karena itu ibadah yang paling mudah. Dan menurutku, setiap orang bakal terlihat lebih manis kalo tersenyum :')

Ajun si Bocah Tengil
"Mbak kamu ISFP?"
Kaget? Iyalah?! Waktu itu baru kenal Ajun hitungan minggu, pun masih jarang interaksi selain ngebahas tugasnya dia, dan dia sudah mengajukan penilaian kepribadian yang cukup membuatku bingung. Pokoknya, Ajun identik dengan MBTI! Dia bakal segera mengidentifikasi karakter di lingkungannya untuk memposisikan dirinya sendiri, ya gue juga kurang lebih kaya gitu sih, tapi ngga pake MBTI pulak?!
Sebenarnya, banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan Ajun yang ngebikin gue geleng kepala. Dia begitu cepat menyesuaikan diri, seakan tidak ada sekat antara senior-junior, begitulah keinginannya.
Ohya, sesuai yang ditulis di bio IG Ajun "tercipta dengan tampang songong,"
Ajun memang benar-benar menjadi dirinya sendiri dengan kesongongan, sifat masa bodo, dan terkadang suka ngegas. Tapi, entah kenapa songongnya Ajun jadi hiburan tersendiri, songong yang jenius gitu. Karena songong, ngeselin banget, dan suka semaunya sendiri itulah gue keceplosan manggil dia Tengil. Gue akan sebut dia Tengil ketika dia kumat. Padahal, gue ngga terlalu paham arti kata tengil. Didorong rasa ngga enak sama Ajun, gue nyari arti tengil di internet. Dan------boom. Tengil sangat menggambarkan diri Ajun, gue ngga jadi sungkan ke dia.


Alig bentar, kuy! 
Kelakuan kocak perdana yang gue alami bareng Ajun adalah salah naik bus MGI di Terminal Leuwi Panjang, Bandung.
Waktu itu baru kenal Ajun dua bulan, gue baru pulang dari Solo pasca libur pemilu. Saat libur pun udah ngewacana mau nemenin Ajun muter-muter Bandung aja daripada buru-buru balik ke Cianjur.
Setibanya kereta gue di Bandung dan selesai melakukan aktifitas pagi, gue meluncur ke Terminal Leuwi sama abang Grab.
Gue kira, Ajun bakal nyampe lebih dulu karena dia otw duluan. Ternyata, gue lebih dulu, dan nungguin Ajun beberapa menit. Lama-lama gue telfon dia. Gue udah panik aja ada bus MGI yang mau jalan tapi Ajun belum keliatan. Gue naik bus itu, sambil nelfon Ajun. Dari seberang, gue bisa denger langkah kaki Ajun yang berlari, yoi telfonnya kagak dimatiin.
Ngga lama kemudian gue memutuskan turun dari bus. Selain salah pesen tiket kereta, ternyata gue juga bakat salah naik bus. Gue naik bus jurusan Bandung - Bogor, yoihhh!!! Lalu, gue ngeliat Ajun dengan kaos hitamnya masih berlari. Gue kasih kode ke dia supaya ngga usah lari. Dan gue ketawa, meskipun agak merasa ngga enak.
Dia pun bernafas dengan tersengal-sengal dan gue rasa itu lucu. Dia mageran dan lama ngga olahraga setelah diklat lalu gue bikin dia lari.
Apasih galucu!! Katanya
Sampai sekarang gue ngrasa ngga enak kalo inget kejadian itu, antara lucu, kasian, dan merasa bersalah wkwkw.
Gue mutusin mau tidur aja selama perjalanan dari Bandung ke Cianjur. Tapi, nihil. Ajun selalu bercerita sepanjang jalan!!

Apakah kita bersaudara? 
Lambat laun gue ngerasa Ajun ini kaya adek gue sendiri, meskipun Ajun lebih suka kalo kembarannya yang jadi adek gue. Awalnya gue kira Ajun punya kakak, tapi ternyata Ajun sama seperti gue, anak sulung. Hal sepele sering dia keluhin ke seniornya sampe gue ngga percaya kalo dia anak pertama. Dia juga begitu ke Teteh.
"mbak ngantuk"
"mbak laper"
"mbak aku sedih"
"mbak gabut"
"mbak ayo maen"
"MBAAAKKKKKK"
Yaampun!! Adek gue yang sesungguhnya aja ngga sesering itu complain ke gue.
Makin lama, dia makin nglunjak. Bukan lagi dianggap kakak tingkat, malah dia hobi banget ngetawain di belakang gue, kadang juga di depan gue. Kalo kata si Teteh, dia paling semangat kalo ngetawain gue. Hmmm, hujat gue, Jun! 

Selain sama-sama anak sulung, gue dan dia punya minus mata yang sama (kayaknya, kalo dia ga bohong), lahir di bulan yang sama (selisih usia tepat 2th), punya karakter dasar yg hampir sama, cat lover  (?), deket sama si Teteh, punya keinginan yang sama (iya, kamera dan laptop), dan dia ngerti standup.
Hal yg jadi perbedaan kita paling masalah perspektif dan aku introvert, dia esktro yang berkeinginan jadi intro.

Closing duluuu
Minusnya Ajun, dia memang melakukan apa yang dia mau aja. Ketika dia badmood, dia bakal gapeduli sama sekitar. Dan ketika dia butuh sesuatu, dia harus dapetin saat itu juga. Gue nangkepnya gitu. Ya ngga sih, Jun?
Tapi jangan salah, sesongongnya dia, dia juga bisa rendah hati. Terbukti dia mau ngajarin gue photoshop, meskipun cuma bertahan sehari, padahal ngebujuknya berminggu-minggu wkwkwkw. Meskipun terkadang childish, Ajun juga bisa bersikap lebih dewasa dari yang kalian kira. Lagi, dia suka baca buku, dan ngenalin gue dengan KasKus. Kalo masih mau membaca berarti dia masih merasa fakir ilmu kan?
Dia memang totalitas dalam melakukan sesuatu, tapi magernya ituloh naudzubillah. Kecuali diajak maen, dia bakal ada di barisan terdepan. Alig memang. Ngakunya sih dia ngga mandang sepele pekerjaan, yang dia pandang sepele di hidupnya itu - - - - gue. Asli, kurang durhaka apa dia?

Kehadiran Ajun dan kawan-kawannya setidaknya memberi warna lain di kehidupan perkantoran versi gue. Setidaknya ada yang ngehibur gue ketika gue sedih, stres, ataupun galau.
Yang ngebuat Ajun terasa beda adalah ketika temen-temen Ajun nanyain gue masalah kantor mulu, Ajun malah jarang banget nanyain sesuatu yang formal, dia lebih sering ngebahas yang gajelas. Karena Ajun adalah penjahit, banyak bahan. Oke basi!

Nah, panjang banget ternyata kalo ngebahas Ajun. Bagaimanapun juga, Ajun tetaplah Ajun, seorang adik tingkat dengan segudang minat. Dan sebagai orang yang ditakdirkan mengenal dunia kerja lebih dulu, gue cuma pengen jadi kakak yang baik dengan membagi apa yang gue dapet setahun sebelumnya, bukan berarti gue lebih hebat dari Ajun. Mungkin sampe di sini dulu. Kalau ke depannya ada yang ingin tahu perkembangan polahnya Ajun, lain kali aku akan bercerita lagi. Atau ada yang tertarik dengan sosok Ajun? Kebetulan dia lagi Cari Jodoh, kirim aja CV kalian ke gue, ntar gue sampaiin ke Ajun wkqkw. Bye

Wassalamu'alaikum 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Untuk Calon Ibu Mertua

Catatan Introvert #1

Sampai Jumpa, Yogyakarta.