Catatan 22 Tahun : Mencoba Peran

Assalamu'alaikum

Hello, Kawan!
Izinkan saya sebagai salah seorang yang lahir di bulan ini menyambut kalian, "Selamat datang di bulan Agustus!!".
Lama sekali ya aku tak menulis, kalo ngga salah terakhir pas Hari Raya (Idul Fitri) pulang ke Solo, dan ini udah mau Hari Raya (Idul Adha) pulang ke Solo ----- lagi. Oke berhubung sekarang usiaku tak lagi bisa di bilang remaja lagi meskipun kelakuan kadang masih kaya anak-anak wkwkwkw mungkin mau nulisin perjalanan selama setahun ini aja kali ya secara singkat tapi menyeluruh *halah. Ohya, ternyata waktu tuh berjalan cepet juga ya, kayaknya baru kemaren usiaku 12th eh ngga lama udah Sweet Seventeen eh ngga lama udah My Twenties alias kepala dua eh ini udah 22th aja. Udah pantes lah ya mikir keluarga? Ehehehe. Dulu waktu kecil sampe 19th mungkin ya, aku suka nungguin hari berganti dari tgl 3 ke tgl 4 Agustus lalu ngitungin atau nebak siapa yg ngucapin duluan buat tau berapa orang sih yang bener-bener peduli wkwkkw namanya juga anak-anak. Tapi menginjak kepala dua, jadi mikir duh umurku udah segini banget, ngapain aja aku kemaren dan mau ngapain aku besok.

Bagaimana hari-hari kalian saat menunggu kabar dariku kemarin? *hiyaa. Liburan pendek kalian tetap seru kan? Ujian tertulis kalian tetap lancar kan? Game yang kalian mainkan tetap menang kan? Ibadah kalian tetap terjaga kan?
Jika kalian menanyakan kabarku alhamdulillah masih bisa membuat orang di sekitarku tersenyum sampai hari ini dan masih diberi kesehatan, meskipun memang dua bulan ini beberapa kali harus konsumsi obat dan sampai bosen ketemu dokter (pukpuk rekening). Akupun juga tak terlalu rajin mengkonsumsi susu UHT seperti sebelumnya wkwkw. Ngga penting sih ini.

Ngomong-ngomong entah perasaanku aja apa gimana (iya kamu aja -__-), aku merasa seneng banget banyak orang menyambut bulan Agustus ini dengan rasa syukur. Lah gimana maksudnya? Yups, aku sempet ngeliat beberapa orang menulis story di akun media sosial mereka tentang ucapan terima kasih terhadap diri sendiri karena telah berjuang dan bertahan sejauh ini, melewati setiap rintangan di hidupnya. Beda aja gitu dari bulan sebelumnya wkwkw ngide emang.
Akupun menulis cuitan di akun Twitterku yang bunyinya gini :


Halo diri, terima kasih telah mau berjuang sampai titik ini.
Lihatlah, kamu begitu hebat!
Bukankah selalu ada keraguan akan kemampuan tatkala rintangan mulai menghadang?
Kenyataannya, kamu masih bisa bertahan dengan baik.
Sehat terus ya, sabar dan syukur, bentar lagi pulang...


Dari situ aku merasa, masyaAllah seneng ya orang-orang berusaha berdamai dengan diri mereka sendiri, mencoba memberi energi positif dengan cara menghargai setiap langkah yang telah mereka tempuh, apapun itu hasilnya.

Well, aku sendiri merasa cukup lelah dan takjub juga sih karena pikiran "wah ternyata aku bisa ya melewati semua ini, hal yg aku khawatirin bakal gini gini ternyata bisa aku lewati,". Seperti yang kita tahu dalam Qur'an Surat Al Ankabut ayat 2 yang artinya , Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:”Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?
Tapi tenang aja sih, laa yukallifullahu nafsan illa wus'aha, Allah ngga akan nguji kita diluar batas kemampuan kita kok. Jadi, kalo Allah aja yakin kamu mampu, orang di sekitarmu aja yakin kalau kamu mampu, masak iya kamu malah meragu sama dirimu sendiri? *mirror

Tsahhhh!!! Udahan pembukanya. Sedikit cerita nih, Juni lalu memang rasanya hatiku benar-benar diuji (makanya gamau nulis karena mood belum bagus wkwkw dasar moody) dengan kehilangan sesuatu yang memang bukan milikku secara beruntun gitu. Dari situ aku bener-bener belajar sabar dan ikhlas, udahlah ini semua tuh bukan milikku sepenuhnya, ada Yang Maha Memiliki. Mulai dari Bang Jeje yang secara mengejutkan kembali ke pangkuan-Nya, B.I yang pergi dan sampai sekarang tak ada kabar, partner kerja saya lulus seleksi D3K (ini berita bagus tapi menyedihkan), meskipun ngga pacaran tapi rasanya lebih parah dari orang yang pacaran terus di-PHP diselingkuhin diputusin pula (aishhh sudah benci banget gue kalo inget orangnya), smartphone yang hilang karena kecerobohan, ditinggal Kak Eri diklat dua bulan, jobdesk juga hilang (terganti). Lalu dengan kejadian yang beruntun itu aku sempat merasa down bahkan tidak berkomunikasi dengan orang tua sekitar 3-4minggu hanya karena aku ingin orang tuaku tahu kabarku ketika aku sudah berdamai dengan diriku sendiri dan mampu mengatasi masalahku. Ya, anak rantau ngga pengen orang tua di kampung kepikiran yang macam-macam kan ya? Nah, dari rangkaian itu aku mencoba merasa tak terlalu memiliki atas apa yang aku genggam sekarang.

Setelah itu, beralih ke bulan Juli, bulan yang menguras pikiran dan uang wkwkw. Di bulan ketujuh dalam kalender Masehi ini, aku dihadapkan dengan pekerjaan dan kasus yang benar-benar baru sehingga membuatku hampir selalu absen pulang di atas jam7 bahkan jam8 malam. Feels like arrghhhhhh gue udah bener apa belum sih nglakuin kerjaan ini, dan tiap harinya gue ngitungin sisa berapa hari gue megang kerjaan itu wkwkw. Ditambah lagi di tengah bulan aku mengikuti semacam diklat persuratan gitu dan setelahnya ilmuku bener-bener diuji dengan real case di kantor, mantap.
Juli menjadi bulan yang boros karena bagiku ketika aku mengunjungi tiga kota atau lebih dalam satu bulan, berarti pengeluaranku membengkak, dalam case ini aku ke Sukabumi, Bogor, dan dua kali ke Bandung. Yashh jadi paham kan kenapa ngga ada tulisan? Weekend yang biasanya me time di kosan aja aku malah nglayap ke luar kota wkwkw. Selain itu, ada faktor dari organ tubuh yang membuatku harus mengkonsumsi antibiotik ataupun obat-obat yang harganya bikin ngelus dompet serta harus ketemu dokter tiap minggu, bahkan seminggu pernah tiga kali wkwkw rajin amat. Dan supaya tidak stres karena lelah bekerja itulah saya juga beli-beli online sampai tiga kali untuk memberi reward pada diri sendiri wkwkw rekor sih karena bisa dibilang biasanya tiga bulan sekali baru beli barang yang dibutuhkan. Tapi gpp, kalo kata bapak mah misal barangnya emang butuh ya beli aja, bedakan keinginan dan kebutuhan.


Dan sampailah di bulan Agustus, bulan yang menurut tebakanku akan diuji secara fisik. Kenapa? Aku yang bisa dibilang ngga pernah dapet Surat Tugas kecuali buat diklat ini udah ngantongin 2 Surat Tugas aja di awal bulan gini wkwkw meskipun udah mohon ke atasan "pak saya gasuka kerja yang harus pergi-pergi dari kursi". Lalu, setelah berhasil lepas tangan dari kegiatan huru-hara kantor beberapa kali, ternyata tetep aja saya ditarik kembali wkwkw. Ya begitulah, aku selalu mengingat ucapan kepala kantor saat aku PKL, pesan yang beliau ucapkan saat pelepasan kami, "bisa ngga bisa harus bisa, suka ngga suka harus suka,". Di lingkunganku ini aku benar-benar dituntut belajar profesional, kalo bisa ego dan perasaan disimpan dulu deh. Itu baru di awal bulan ya, ngga tau deh entar di tengah atau akhir bakal ada kejutan apa ehehe.

Well, selama setahun ini banyak banget yang telah kulalui. Mulai dari nyelesaiin rangkaian diklat, bertemu dengan banyak orang baru, mengunjungi tempat-tempat baru (yang biasanya diem di rumah), gonta-ganti jobdesk yang membuatku harus belajar SOP lagi, ketemu masalah yang aku kira hanya ada di sinetron, dan masih banyak. Akupun merasa mulai ada yang berubah dalam diriku, pun ada juga karakter yang ngga bisa diubah sama sekali.

Mengacu pada judul, akupun telah mencoba banyak peran di tahun ini, tentu saja kita abaikan dulu peran sebagai anak, hamba, maupun pegawai, karena itu melekat. Di antaranya ada peran tunggal, belajar mengurus rumah tangga Waskon1 karena aku satu-satunya perempuan di bidang itu jadi selain ngurus arus surat, merapel sebagai bendahara dan humas juga  wkwkwkw. Peran penengah di angkatan kami, angkatan 201801 yang berisi sembilan kepala dengan karakter dasar berbeda, mencoba meramaikan grup dengan berbagai cara meskipun tetep krikrik juga wkwkq.
Peran senior dengan hadirnya lima anak baru di kantorku yang justru bukannya sebagai teladan malah sebagai korban bully-nya mereka, parah banget gaksih kirain senior doang yang suka ngebully aku ternyata junior juga wkwkk, masukin peran terbully lah ya?
Peran penasehat ini ngide, peran utamaku sebenarnya hanyalah pendengar, tapi entah kenapa ada saja kawanku yang entah ketemu langsung maupun via online (karna LDR) meminta saran padaku padahal akupun belum lolos ujian yang sama dengannya --- subhanalallah ---- peran itulah yang membuatku terus belajar problematika kehidupan.
Peran penghuni kost gang Sanusi ,ngide lagi kan, di kost baruku ini suasananya memang lebih hidup, ada beberapa orang kantor yang satu kost denganku sehingga komunikasi pun terbangun, yang awalnya hanya sekedar tau namanya sekarang lebih intens setelah memiliki masalah kost yang sama ataupun sekedar makan malam bersama, tak jarang sebelum tidur aku menyambangi kamar sebelah untuk numpang makan bersama dan bercerita tentang persambatan hari ini.
Dan juga peran-peran lain secara personal, misalnya :
• peran sebagai kakaknya ATZ yang kudu ekstra sabar kalo dia mulai tengil + menggurui dan berbuat semaunya lalu ngajarin dia hal-hal sederhana biar ngga bandel,
• peran partnernya Mas Fachry dalam kerjaan maupun makan siang yang kudu sabar juga kalo dia mulai ngebully dan ngajarin kerjaan baru,
• peran punya abang kaya Bang Rusdi (ini bukan dari hati sih, abisnya suka dibilang dia abangku kan kesel) yang kudu kuat hati kalo perfeksionisnya kumat dan omongannya to the point,
• peran partnernya Lulu yang kudu sabar kalo kemana-mana kudu bareng padahal aku suka menyendiri,
• peran murid kajiannya Pak Sokhib tiap hari Senin dan Kamis,
• peran partner validasi Mbak Rizza yang membuatku panik kalo pintu loket C kebuka astaghfirullah saling stresnya,
• peran rekan sepemikirannya Kak Sintya dan Geo yang kalo ada sesuatu di ruangan cukup pandangan mata aja udah paham ya meskipun kadang pura-pura gapaham,
• peran seperkostan Kak Latvia yang dari awal penempatan sampai sekarang pindah-pindah kost tapi samaan mulu, dan masih banyak lagi.

Oh ya, seiring berjalannya waktu peran-peran yang kita jalani akan bertambah, makanya jangan lelah untuk belajar mencoba peran lain. Akupun suatu hari nanti akan bertambah peran menjadi pejuang D3K, seorang istri, seorang menantu, seorang kakak/adik ipar, seorang ibu, seorang bibi/tante, atau mungkin mengulangi peran lama yang pernah kulalui misalnya peran mahasiswi, peran tukang danus, peran panitia, dan masih banyak lagi yang di mana setiap peran-peran itu membutuhkan seni menempatkan diri dalam sebuah lingkungan. Dan peran yang aku sukai dan cukup challenge adalah peran sebagai penulis dan editor video, halah itu peran apa cita-cita wkwkw.

Hmm pada bagian ini juga aku ingin mengucapkan terima kasih pada orang-orang yang berjasa di hidupku ataupun sekedar memberi warna dalam ceritaku karena kalo kata iklan Chitato, life is never flat.
Pada keluargaku, bapak ibuku yang sudah stuggle merawatku dan peduli padaku sampai aku segede ini dan LDR-an, adikku yang sampai sekarang membuatku merasa gagal menjadi seorang kakak karena kurang sabar dan tidak bisa menemani masa SMA dan kuliahnya karena LDR-an juga, kakek nenek yang merawatku sejak kecil dan selalu menanti kepulanganku serta mengantarkanku kembali ke perantauan (sehat terus ya simbah), keluarga Pakdhe An yang udah kaya keluargaku sendiri selama di Bintaro dan bikin aku iri karena kesedarhanaan dan keharmonisannya, keluarga Bulek Ni yang merawatku semasa aku PKL di Bekasi ehehe ternyata KPP jauh dari daerah Pondok Gede, Paklek No yang mengantarku pindahan dari Jakarta ke Cianjur ampun sendiri banget ini masih asing waktu itu;

Para guru dan dosenku, semuanya berkesan tapi paling berkesan tentunya guru SMP yang dididik disiplin bener ditambah guru SMA Pak Made dan Bu Erma ku sungguh menyayangi kalian meskipun ku sering gagal mulu di olimpiade matematika heuuuu, Pak Agus dosen OTK sekaligus dosen prodip D1 Pajak waktu itu yg aku ngajuin jadi PJ matkulnya, Pak Wayan dosen PPN yg menghibur dengan cara suruh bikin video pajak seru-seruan, Bu Iin dosen PPh Potput yg wajib banget disebut karena beliau rendah hati suka berbagi keren bgt kalo ngajar membuat kelas E(dan) dapet banyak buah tangan dari kelas lain dan kagum sama kemampuan daya ingat beliau, dan banyak dosen lain yg kebetulan kelas E(dan) dpt banyak dosen jempolan. Semoga berkah ilmunya;

Pada sahabatku di kampung halaman, Faridah yang sejak SMA sampai sekarang masih saja sabar mendengar ceritaku padahal kisah yang ia alami lebih pelik dariku, Azizah yang sabar menasehatiku dan mengisi hatiku dengan kalimat menenangkan, Tiara yang dari SD sampai sekarang di instansi juga selalu membersamaiku (pisah SMA doang), Diana Sahara dan Ihsanny yang mau direpotkan antar jemput aku waktu SMP, Anggun sahabat sekaligus kompetitor semasa SD-SMP yang entah sekarang di mana dirimu berada, Evo yang selalu rajin dan memberi energi positif sejak SMP, Faisal uri leader teman berpikir kritis yg sekelas mulu bahkan seperantauan ngga bosen apa ngikutin, Apit dan Piyah yang menemani masa sedikit bandelku, Febri juga rival jaman SMP malah ngikutin sampe kuliah dan sekarang jadi abang BC di ujung barat Indonesia, Faiz yang terlalu banyak mengajakku maen dan mengeluarkan sifat rantauku, Putra yang meminjamkan buku latihan soal USM PKN STAN, Yusita dan Herma yang menemani berjuang buat bawa piala LCC, tambah Aditiya dan Nanda yang menemani di langkah LCC selanjutnya, Rizka dan Kenya yang membuatku iseng daftar Diploma IPB, Nona Wang dan Bambamiee yang menyebutku B.I hingga mewarnai masa perKPOPanku, teman X2 dan IPADUAKU, teman 7A 8B 9C wkwkw;

Pada rekan masa kuliahku, Gayuh yang jadi teman multiperan selama di Bintaro (asli dia baik banget, kangen kamu, Yuh), Helda yang sampai sekarang masih suka ngajak main bareng padahal udah beda provinsi, teman E(dan) terutama Yazid dan kabinetnya yang sudah membawa kami kompak dan lulus ber-38, Raka Suhe dan Rakanita Ais yang sudah membimbingku mengenali kampus selama menjadi anggota Satya 15, mas mbak rekan adek IMAKA yang menjadi identitas selama di Bintaro, akhwat MBM yang dengan sabar menerima dan mendidikku untuk mengenal agama, Rifqi yang membuatku kembali menulis di blog dan rekan Abdi Kampus pada masanya, Mas Razaq kabid konsum yang mau ngasih bunga yudisium tapi gajadi -_-, Rizky tentor pengakun dan penyelamat saat HPku sekarat, Mas Luhur dan Mbak Adani yang sabar ngajarin angklung kalo ada pentas untuk anak sabnus, Mas ARH dari Jogja yang mengisi masa kuliahku dengan warna merah muda, akhwat perkap konsum Gema Ramadhan yang menuntutku lebih rajin, Dhafin yang mewarnai masa akhir kuliahku dengan Dinamika, Khoi dan Vika yang menemani masa danusku, Raka Rakanita Rumbati, adik-adikku Rumbati 32 tersayang;

Pada rekan masa life after college, Nirvana teman PKL yang ternyata jadi lulusan terbaik dan fast track tapi orangnya sederhana dan baik banget asli nebengin selama di Bekasi dan juga semua rekan di KPP Pratama Pondok Gede (Mbak Den, Al, Oca, Vicky, Mas Ikhsan, Aziz), Atikaaa teman sekamar yang cuma sebulan selama di Tambora tapi selalu rindu, Mas Bagas yang sudah menjadi ketua terbaik selama di Tambora, Mas Hudy dan Mas Ahid kalian abang terbaikku selama di Tambora, Mas Lauda yang suka nebengin kalo pulang malem, Fildzah yang juga OJT dan latsarnya barengan mulu, Mbak Suci dan Mbak Tasya yang udah nebengin kamar beberapa hari selama aku ngga punya kosan, seluruh pegawai KPP Pratama Jakarta Tambora yang udah ramah usil baik banget (versi lengkapnya bakal dipisah);

Pada rekan seperdiklatan, anak kelas Cerdassss Latsar BDPim Magelang periode 1 yang sudah menghabiskan waktu sebulan bersamaku (Fiqhi, Elis, Mas Heri, Hauna, Mbak Ima, Ariq, Bachtiar, dll), anak kelas J PTU gelombang 2 yang mau kurepotkan karena aku susah makan cepet dan tak lupa rekan setendaku (tenda 12 apa yak lupa?) monmaap sampai sekarang udah beberapa lupa namanya karna kalian banyak banget tapi kita ketemu cuma 10 hari, rekan diklat TND BDK Cimahi (Ily, Winda, Aura, Mas Victor, Teh Lia, Mas Gede Ari, dll) senang bisa bertemu teman se-Jawa Barat dan Banten dengan problematikanya masing-masing meskipun aku paling junior;

Pada rekan kantorku, Kak Rizdar ketua angkatanku yang dari dulu sampai sekarang selalu ada di setiap ku butuh (entah curhat, makan siang, makan malam, pulang kampung), Kak Eri orang paling sering ngajak jajan yang memberiku energi positif lewat semangat dan pemikirannya, Kak Sintya teman makan APS dan taichan yang peduli banget dengan kesehatanku, Pak Reza seorang pemimpin yang mengajariku untuk teliti dan disiplin, Pak Fai yang menghiasi hariku dengan perdebatan tidak penting, Geo yang selalu memintaku tersenyum setiap hari, Yuli yang tiba-tiba suka bilang semangat dengan tulus, Kak Ira yang sudah menampung sambatku sampai sekarang hingga aku dikira pacaran dengan teman sebelahnya karena terlalu sering menemui mereka, Pak Marsah yang sangat ramah dan suka menyapa dengan bahasa jawa, Pak Anthony dan Pak Helmi yang masih suka ngejengukin adeknya yang udah beda bidang ini, Bu Adah yang dengan sabar meladeni orderanku meskipun hanya telur dadar, Bang Rusdi sejak HP aku ilang jadi peduli bener mau jajanin dan ngajak ngobrol (ini moment langka), Mas Fachry yang makin sering ngebully tapi suka nawarin grabfood bareng dan kagum sama pemikirannya, Teh Lia yang rajin nanyain kabar dan terlalu banyak penghargaan, Lulu yang rajin kasih makanan ke aku, Pak Hima yang rajin mengoreksi persuratan, Pak Tibi yang selalu memintaku sabar karena jarang pulang, Pak Pendi yang masih suka ngundang makan bareng atau beliin jajan, Bu Sun yang mengajariku kek mana kesibukan perempuan yang sudah menikah, Mbak Val yang membuatku iri dengan kemampuan fotografinya, Tio yang sosoan ngingetin buat pulang tepat waktu dan sering mampir ke bawah kalo dia free meskipun ada maunya, Rara yang selalu ceria di tengah julidan yang menimpanya, Bu Ridar yang rajin nganterin paketan JNE ke meja, dan masih banyak lagi....

Yaampun gimana aku ngga sayang sama kalian kalo kalian seberpengaruh itu dalam hidupku (: Maafkan tak semuanya bisa kusebut karena aku semakin bermasalah dengan daya ingat (belum pengen ke dokter sih kalo masalah ini), jadi maafkan juga jika suatu saat kita bertemu aku mengenali rupa kalian tapi tak mengingat nama kalian atau jika suatu saat ketika kita bercerita aku tak bisa ikut menikmati alur karena aku tak mengingat kronologinya, percayalah sebenarnya dari lubuk hati paling dalam aku ingin mengingatnya tapi terhalang keterbatasan.

Nyesel ya baca part ini? Atau nyesel baca semua tulisanku? Wkwkw terima kasih juga kalian yang telah membaca setiap tulisan yang tidak berbobot pada ruang sederhana ini dan pengguna youtube yang telah meninggalkan like dan komentar mereka di channelku. Ketahuilah bahwa kalian turut andil dalam mewarnai kisahku :))

Dan sekarang waktunya request doa, semoga aku makin makin sabar menghadapi ujian, semoga makin bersyukur menghadapi nikmat, semoga tahun depan sudah bertemu jodohnya (aamiin paling serius), diberi kekuatan menghadapi badai kehidupan, diberi kelancaran rejeki, kemudahan dan kekuatan dalam mengingat, dilancarkan proses persiapan menuju D3K, diberi kesehatan supaya ngga terlalu bergantung sama obat, diharmoniskan hubungan keluarganya, dijadikan hamba yang shalihah, didekatkan dengan lingkungan dan teman-teman yang shalih, semakin banyak orang yang menyayangiku dengan tulus, semakin bisa berperan dalam kehidupan agar berkah umurnya... Aamiin

Wassalamu'alaikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Untuk Calon Ibu Mertua

Catatan Introvert #1

Obrolan Setengah Serius