Day-3 : Yuk Jadi Pribadi Berhati Besar :)

Assalamu'alaikum kawan...

Gimana udah bosen belum tiap hari disapa dan dicerewetin? Jangan bosen yak karena gue di sini masih struggle tiap hari mengorbankan waktu dan perasaan demi kalian *pret. Waa hari ini adalah hari dimana 20tahun yang lalu tokoh Rizky dilahirkan. Barakallahu fii umrik ya ky, duh masih bocah aja kamu dari dulu sampe sekarang. Badan dan muka boleh bocah tapi pemikiran dan pengalaman hidupnya ntaps ya Ky, kapan nih nentirin pengakun lagi? Ketemu lagi D3K yak tapi we ngga siap kalo disuruh sekelas sama lu. Kalo bisa lu jangan nyuri start mulu ky "lu besok kan? Hbd ya! Gue orang pertama kan?" kan kezel tiap tahun hmmm. Kapan-kapan gue maen ke Tebet lagi ya dek. Selain itu, Ane juga, tetap jadi orang yang apa adanya ya An, kamu cantik koq dari hatimu. Jagain Atika dan Anggar ehehe. (Oke sepertinya bagian ini pake lo gue aja).

Oiya hari ini gue belajar banyak hal. Kalo kerjaan, haha jangan tanya bisa dibilang kagak ada yang better dah, yang ada salah mulu karena makin ngga fokus. Tapi setidaknya minggu ini gue jadi lebih berbaur sama senior, ya seperti yang kalian tahu gue member termuda di ruangan dan ingin jadi mood booster buat para senior. Gue juga belajar untuk lebih care sama sekitar, syafakillah Kak Latvia dan syafakallah bapak kasi, maaf kemampuanku terbatas. Dan hari ini adalah hari pertama gue naik motor di tempat rantau *yeaayy...  Rasanya? Nano-nano sih karena ini di luar rencana tanpa test drive *eaaa.. Terus alhamdulillah aku mulai melihat sisi lain dari bapak yang biasanya fokus kerja tiap hari, ini mulai membaur dan ngajak makan disaat yang kurang tepat (we dicengin mulu yak gegara keceplosan tanggal lahir sekali). Dan terakhir, gue belajar buat ngendaliin emosi dan berusaha ngomong masalah di depan orangnya langsung secara baik-baik, meskipun udah kaya mau nangis di depan umum karena we tipe orang yang kagak mau ngungkit luka lama, tapi gue plong, thanks guys

Oke gue mulai nulis ini mendekati jam10 malam secara spontanitas dan di Day-3 ini bakal bahas what are your pet peeves. Pet peeves? Apaan dah? Awalnya aku memang asing banget baru denger malah sama kata ini. Gue sempet ngira ini berkaitan sama hewan peliharaan gitu *plak. Dan setelah bertanya pada eyang google, pet peeves itu semacam apa yang membuat kita risih banget sama sesuatu tapi terkadang orang nganggepnya biasa aja. Paham? Kagak! Oke. Jadi misal nih gue risih banget kalo denger gesekan benda logam atau stainless (sendok dengan garpu mungkin) tapi kalo orang lain denger dia ngerasa biasa aja gitu. Biasanya mengarah ke bad habits seseorang mungkin. Paham? Kagak! Oke mending lu nanya ke eyang google sendiri. 


Gue tetep nulis ini karena mood nya lagi sesuai. Iya gue lagi kesel. Eh bukannya kalo kaya gitu mending ngambil air wudhu terus muhasabah atau nenangin diri? Gue kesel karena dalam seminggu ini berasa kehilangan dua sosok yang bikin gue struggle di tempat yang sekarang. Gue kesel karena saat sendiri kaya gini gue bawaannya pengen pulang aja (itu berarti gue kalah sama ego gue sendiri). Gue kesel karena sampai detik ini belum move on dari anak Tambora dan kadang rindu dibuatnya. Gue kesel karena gue kangen diri sikap gue semasa kuliah. Gue kesel karena gue kalah sama hawa nafsu gue sendiri. Ma Fi Qalbi Ghairullah. Oke karena udah malem dan butuh banget istirahat, mari kita bahas sedikit pet peeves gue yang lebih berhubungan sama karakter seseorang. 


1. Ghibah
Yak yang bikin gue butuh effort lebih buat beradaptasi diantaranya lingkungan yang kurang sreg. Meskipun populasi wanita di sini tak terlalu tinggi, namun aku merasa radar ghibahnya cukup kuat gengs. Sok suci lu keganggu sama orang yang ghibah padahal ikut nimbrung! Come on gengs gue manusia biasa yang masih suka digoda syaitan dan makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan orang lain. Alasan gue sejak kecil lebih suka maen sama cowok mulu adalah karena temen-temen cowok gue enggan banget buat ngomongin orang, yang ada ngomongin future life mulu. Bukan berarti cowok ngga berpotensi ghibah dan cewek selalu ghibah juga sih. Ya kalian lebih tahu lah gimana dan kenapanya. Technically, mana ada sih orang yang mau makan bangkai saudaranya sendiri? Jadi, tolong kalo lagi sama saya, bantulah saya buat ngga ngeghibah juga dengan cara jangan ajak saya ghibah dan jika saya memulai ghibah toling diingatkan. (pake saya biar sopan minta tolongnya). 

2. Budak Cinta
Gue kenal istilah ini saat kuliah dari teman-teman kelas. Sesuai namanya, budak cinta (bucin) di pikiran gue adalah mindset seperti "dunia milik kita berdua, yang lain ngontrak". Seorang manusia yang diperbudak oleh hawa nafsunya sendiri dengan mengatasnamakan cinta. Mau melakukan segalanya demi orang yang katanya ia cintai. Mengumbar kemesraan di depan umum padahal hubungannya haram, maklum baru kemarin jadian. Iri aja sih lu, dasar jomblo! Wesetet, kalem aja, gue singlelillah *aamiin. Di sini gue ngga anti anti banget sih sama orang yang pacaran, tapi bukan berarti gue ngedukung temen-temen gue yang pacaran. Kalo bisa sih ya nikah aja, kan udah ada calon, nunggu apa coba? Ehehe... Gaes, perasaan tertarik kita sama lawan jenis itu fitrah, so gue cuma nitip pesen tolong jaga kesuciannya. Gue cuma risih dan miris kalo kalian selalu nuruti ego yang bisa bikin kalian terlihat ngga tahu malu. Biar rasa cinta yang mendewasakan tumbuh di hati kita. Cintai juga Sang Pencipta dan makhluk lain yang diciptakan-Nya.

3. Berpikiran Tertutup atau Satu Sisi
Ini problem sehari-hari banget, dimana setiap orang ingin menang atas opini yang dia buat sendiri. Gue suka kesel sama orang yang susah dinasehatin. Gaes, kita hidup di dunia ini berdampingan, kalo lo mau menang sendiri, jangan nyari lawan (re: teman di lingkungan sekitar). Setiap pendapat adalah benar, bagi mereka yang mengemukakan pendapatnya sendiri. Contohnya kalian pasti pernah melihat gambar di mana dua orang berseteru atas opini sebuah angka, si A bilang itu angka 6, tapi si B bilang itu angka 9, siapa yang benar? Keduanya benar atas sudut pandang masing-masing. Kita hanya perlu duduk ngopi untuk bertukar pikiran agar bisa melihat dari sisi lain yang berbeda. Bukankah kita hidup dalam keberagaman? Dan itu indah bukan?

Baiklah sedikit yang bisa kubagi hari ini semoga bermanfaat. Kesambet apa lu jar sok bijak bener curhatan di atas? Kalian belum tau aja kalo dua loli mil*kita sama dengan segelas susu. Oke sedikit yang ingin kusampaikan (ini udah kebanyakan kayaknya), jika kalian merasa lelah maka beristirahatlah sejenak dan lihat yang ada di sekeliling kalian. Kalian boleh koq berkata kasar. Kasar! Nah, udah. Habis itu perbanyak istighfar yak. Maklumi dan maafkan orang-orang egois yang menyakiti kalian, percayalah berhati besar itu hebat. Jika kalian punya cara lain dalam menghadapi rasa kesal terhadap seseorang atau sesuatu, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Jazakumullah khairan.

Wassalamu'alaikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Untuk Calon Ibu Mertua

Catatan Introvert #1

Sampai Jumpa, Yogyakarta.